Translate

Cara Menggunakan Arduino IDE

5. Cara Menggunakan Arduino IDE

               Arduino selain memiliki hardware juga memiliki software, untuk hardware sudah dijelaskan mengenai jenis-jenisnya, karakteristik dan konfigurasi pin Aduino yang tersedia, untuk software, Arduino menggunakan software sendiri dan bahasa pemprograman sendiri yang dinamakan Arduino IDE, bahasa pemprograman Arduino yang dipakai yaitu C / C++.

6. Cara Install Arduino IDE

           Langkah pertama dalam menggunakan Arduino yaitu menginstall software program editornya, yang mana master program bisa didownload di link berikut https://www.arduino.cc/en/Main/Software , setelah di download kemudian extract file tersebut sehingga file installernya terbuka, atau bisa juga menggunakan Arduino IDE portable yang langsung bisa digunakan pada file Arduino.exe, Gambar 2.1 adalah tampilan editor Arduino IDE.



7. Cara Setting Arduino IDE

             Perlu diketahui bahwa pada bagian ini sangat menentukan sekali dalam kelancaran saat upload program dilakukan, jadi jika salah setting akan menyebabkan program tidak jalan dan juga ada tampilan error pada editor, maka dari itu perhatikanlah setting awal berikut ini untuk Arduino Uno dan sejenisnya.

a. Langkah 1

            Hubungkan kabel USB dari komputer ke Arduino. Tentukan jenis board Arduino yang dipakai, pada contoh menggunakan Arduino UNO, Pilih menu Tools -> Board - > Arduino UNO ( Tergantung jenis Arduino yang dipakai)



b. Langkah 2

               Tentukan serial port yang dipakai, ini digunakan untuk memprogram device Arduino, jika belum tahu serial port berapa yang dipakai dapat dilihat di device manager ->     Ports, lalu cek nomer COM-nya, pada contoh tertulis COM15 artinya Port komunikasi yang digunakan adalah COM15, ini bisa berubah-ubah, maka dari itu pastikan dahulu COM yang dipakai sesuai dengan setting Arduino, Setelah tahu COM yang digunakan, kembali ke Arduino IDE, Pilih Tools -> Serial Port -> COM15. Jika berhasil maka pada bagian editor bawah akan tampak COM yang dipakai.



8. Cara Upload Program ke Arduino

             Setelah proses setting, hal selanjutnya yaitu mengetahui cara meng-upload program yang sudah kita buat, pada contoh ini menggunakan program kosong lalu di upload ke Arduino, jika berhasil maka akan ada keterangan berhasil, namun jika error maka di bawah editor aka tertulis error.  Langkah-langkahnya seperti berikut.

a. Langkah 1

            Tuliskan sebuah program pada editor yang mana program tersebut akan dieksekusi oleh Arduino, dicontohkan seperti dibawah ini

void setup() {
}
void loop() {



b. Langkah 2

             Setelah menulis program kemudian masuk ke proses upload, caranya yaitu tekan tombol verify, kemudian jika tidak ada error, tekan tombol upload, tunggu sampai proses selesai.



9. Cara Menggunakan Fitur Serial

           Pada program Arduino IDE terdapat fitur yang digunakan untuk transfer data dari Arduino ke komputer, fitur ini adalah interface dari Arduino sehingga user bisa melihat data melalui komputer atau sejenisnya. Cara menggunakan fitur ini yaitu sebagai berikut.

a.  Langkah 1

         Ketikkan program seperti contoh dibawah ini, kemudian lakukan proses verify dan upload, jika tidak ada error maka Arduino siap digunakan.

void setup() {
  Serial.begin(9600);
}

void loop() {
  // read the input on analog pin 0:
  int sensorValue = analogRead(A0);
  // print out the value you read:
  Serial.println(sensorValue);
  delay(100);       
}
 

b. Langkah 2


    Setelah upload berhasil, pilih Tools -> Serial Monitor, maka akan tampak seperti Gambar berikut ini. Coba rubah kode “ delay(100) ” menjadi “ delay(1000) ” dan lihat perubahannya





Cara Import Library Arduino

Pengenalan Arduino
  








No comments:

Post a Comment